Empat Unsur Penting Visi Ditjen Dikdasmen

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Yudistira Wahyu Widiasana, saat menjadi nara sumber dalam acara Workshop Bantuan Sosial Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah dan Rapat Koordinasi (Rakor) Kegiatan Dekonsentrasi Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah, menyampaikan empat unsur penting visi Ditjen Dikdasmen Tahun 2015-2019.

Empat unsur penting itu adalah :

Unsur pertama : Merupakan aktor pendidkan yang harus berperan dan/atau yang harus diberdayakan.

Unsur kedua : Ekosistem, yang dalam visi ini mendekati pegertian sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh serta menyeluruh antara unsur di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang terdiri dari murid, guru, kepala sekolah, pemerintah dan orang tua serta masyarakat yang saling memengaruhi.

Unsur ketiga : Karakter. Menurut Yudistira, unsur ketiga ini merupakan bagian dari tujuan kinerja ekosistem pendidikan dasar dan menengah.

Unsur keempat : Gotong royong merupakan sifat kinerja dari seluruh komponen pendidikan dasar dan menengah. Sehingga pendidikan bukan merupakan tanggung jawab pemerintah, atau sekelompok orang saja.

Visi Ditjen Dikdasmen di atas, merupakan turunan dari visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu “Mewujudkan Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter dengan berlandaskan Gotong Royong.”

Beberapa informasi penting seperti Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti yang digagas Mendikbud Anies Baswedan, reorganisasi di tubuh Kemendikbud yang salah satunya adalah penyatuan Ditjen Dikdas dan Ditjen Dikmen menjadi Ditjen Dikdasmen, RPJMN Ditjen Dikdasmen Tahun 2015-2019, dan lainnya.

Sumber : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Tag : Pendataan
0 Komentar untuk "Empat Unsur Penting Visi Ditjen Dikdasmen"

Back To Top