Beberapa Elemen Pelaksanaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) yang Mengalami Perubahan

Beberapa Elemen Pelaksanaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) yang Mengalami Perubahan

Ada beberapa elemen perubahan dibandingkan pelaksanaan RNPK pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini di sampaikan oleh Didik Suhardi, Ketua Panitia RNPK.

Berikut elemen RNPK yang mengalami perubahan :

1. Pada subtansi, Panitia RNPK memasukkan pembangunan karakter, termasuk di dalamnya membangun daya imajinasi dan kreativitas, ditambah penguatan akuntabilitas melalui pencegahan penyimpangan pelaksanaan program dan anggaran.

2. Narasumber yang diundang lebih variatif, yaitu terdiri dari LSM, perusahaan multinasional sampai gerakan peduli pendidikan. Alasannya, Kemendikbud ingin memperoleh masukan dari perspektif lain tentang bagaimana membangun pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.

3. Peserta yang diundang terdiri dari berbagai lembaga seperti organisasi guru, organisasi masyarakat yang terkait dengan pendidikan, seperti Perguruan Muhammadiyah, Lembaga Pendidikan Al Maarif Nahdlatul Ulama, dan penggiat pendidikan lainnya.

4. Pelaksanaan RNPK tahun ini akrab dengan teknologi informasi dan komunikasi. Misalkan, saat menggelar pendaftaran RNPK, panitia memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sehingga lebih efektif dan efisien.

5. Panitia RNPK juga mengundang motivator.
Tag : Kemdikbud
0 Komentar untuk "Beberapa Elemen Pelaksanaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) yang Mengalami Perubahan"

Back To Top