Berikut Sekilas Tentang IAAS, Kompetisi Penulisan Esai dan Video Kreatif

Sekilas Tentang IAAS
International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan para mahasiswa pertanian di seluruh dunia. IAAS dibentuk sejak 1957 dan tersebar secara global di 38 negara, termasuk Indonesia. Organisasi ini merupakan NonGovernmental Organization (NGO) yang bekerja sama dengan PBB. IAAS mendorong mahasiswa untuk mengambil peran aktif sebagai pemimpin di masyarakat dan berkontribusi memajukan sektor pertanian serta kelestarian lingkungan.

IAAS berperan pula dalam meningkatkan pemahaman secara mutual antara mahasiswa pertanian dan ilmu terkait di seluruh dunia.

The 7 IAAS Olympic
The 7 IAAS Olympic 2015 adalah salah satu cara IAAS LC IPB untuk mengimplementasikan taglinenya, “think globally, act locally” melalui empat rangkaian\acara, yaitu IOA (IAAS on Action), Agroquiz, ACFS (Agri-Enviro Competition for Senior High School), dan Seminar Nasional. Target peserta mencapai lebih dari 1000 orang, mencakup mahasiswa, pelajar SMA, dan masyarakat umum.

Melalui acara ini, para peserta akan mengaktualisasikan gerakan cinta pertanian dan kelestarian lingkungan.
Tema tahun ini adalah “Sustainable Movement for Ensuring Millennium Development Goals in Indonesia” yang terfokus pada MDG ke-7; Ensure Environmental Sustainability.

TUJUAN
1. Agroquiz: Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta mengenai isu-isu pertanian dan kelestarian lingkungan baik di tingkat nasional maupun global.

2. AC FS: Melatih kemampuan siswa-siswi SMA untuk berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan lingkungan dan memberikan solusi yang aplikatif.

3. OA: Mewujudkan kemandirian pangan masyarakat yang bersumber dari kearifan lokal pertanian melalui aksi para pemuda dan kerja sama dengan berbagai instansi terkait.

4. Seminar Nasional: Meningkatkan pengetahuan peserta terhadap isu pertanian dan kelestarian lingkungan terk ini serta solusinya.

LUARAN
1. Agroquiz: Generasi muda yang termotivasi tinggi untuk memperdalam pertanian dan kelestarian lingkungan.

2. ACFS: Siswa-siswi yang aktif dan peduli terhadap kelestarian lingkungan serta memiliki solusi yang implementatif terhadap masalah terkait kelestarian lingkungan.

3. IOA: Terwujudnya sistem kemandirian pangan yang kontinu serta hubungan kerja sama yang lebih kuat dengan pihak-pihak terkait.

4. Seminar Nasional: Generasi muda yang siap menjadi agen perubahan bagnsa untuk memajukan pertanian Indonesia dan menjaga kelestarian lingkungan.

RANGKAIAN ACARA
AAS on Action (IOA) merupakan aksi nyata IAAS untuk mendorong kesadaran masyarakat terhadap kemandirian pangan dan kelestarian lingkungan, salah satunya dengan melakukan kegiatan bertanam hortikultura di pekarangan rumah masyarakat Desa Cikarawang dengan memanfaatkan barang bekas. Beberapa komunitas akan tergabung dalam kegiatan ini, di antaranya Indonesia Berkebun, IPB Berkebun, serta Himpunan Mahasiswa Agronomi dan Hortikultura IPB.

20 dan 27 September 2015
07.30 - 18.00 WIB
Desa Cikarawang
300 Orang (termasuk komunitas)

Kampanye
Sosialisasi kepada masyarakat untuk memaksimalkan penggunaan pekarangan rumah guna memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, dengan membagikan brosur, benih sayuran dan mendirikan stan.

Minggu, 20 September 2015
FD (CarFree Day) Kota Bogor

Penanaman
Penanaman hortikultura, berupa selada air, kangkung, caisim, sawi, cabai, bayam dan tomat di pekarangan warga Desa Cikarawang. Kegiatan pembinaan berkelanjutan akan dilakukan oleh Project Department IAAS LC IPB.

Minggu, 27 September 2015
Desa Cikarawang

groquiz adalah lomba cepat tepat ilmu pertanian untuk mahasiswa se-Indonesia. Lomba ini diadakan untuk menguji pengetahuan, pemahaman serta kepedulian mahasiswa dalam mengikuti perkembangan isu-isu pertanian terkini, baik di tingkat nasional maupun global.

10-11 Oktober 2015 Common Class Room IPB
07.30 - 18.00 WIB 50 Tim (150 Orang)

Agro-Enviro Competition for Senior High School (ACFS) adalah kompetisi esai dan video untuk siswa SMA se-Indonesia. Peserta akan memilih salah satu dari beberapa topik permasalahan, di antaranya kelangkaan air bersih, penggunaan plastik, diversiļ¬kasi pangan dan peningkatan konsumsi produk lokal sebagai sebuah solusi yang aplikatif.

10-11 Oktober 2015 Common Class Room IPB
08.00 - 12.00 WIB 75 Tim (225 Orang)

Seminar Nasional merupakan acara puncak The 7 IAAS Olympic. Bertema “Sustainable Movement for Ensuring Millennium Development Goals in Indonesia”, seminar ini akan dihadiri oleh pembicara-pembicara ahli yaitu Martina Spisiokova (Knowledge Management of UN-CAPSA), Prof. Ir. Akhmad Fauzi M.Sc (Dewan Pakar UNEP), Ir. H. Suswono, MMA (Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Bersatu II).

11 Oktober 2015 Andi Hakim Nasution Hall
08.00 - 15.00 WIB 350 Orang
0 Komentar untuk "Berikut Sekilas Tentang IAAS, Kompetisi Penulisan Esai dan Video Kreatif"

Back To Top